Ada Apa Dengan Kurma ?

Ada Apa Dengan Kurma ?


Islam adalah agama yang sempurna, berbagai aspek kehidupan telah dijelaskan dalam Al-Qur’an maupun Hadits, kesehatan umat islam termasuk salah satunya, cara menjaga kesehatan atau menyembuhkan suatu penyakit pun telah dibahas.
            Dalam islam makna sehat sendiri itu bukan hanya sebatas sehat fisik namun secara rohani juga. Islam telah banyak mengajarkan bagaimana cara memelihara tubuh kita secara fisik dan rohani, dalam bahasan kali ini, kita akan melihat lebih dalam lagi tentang hadits dibawah ini :


عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَقُولُ:مَنْ تَصَبَّحَ سَبْعَ تَمَرَاتٍ مِنْ عَجْوَةٍ، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلا سِحْرٌ.

Artinya:
Diriwayatkan oleh Sa’d bin Abi Waqash, beliau berkata bahwa saya mendengar Rasulallah SAW pernah bersabda: Barang siapa pada pagi harinya makan 7 (tujuh) butir kurma ‘ajwa, maka pada hari itu tidak akan membahayakannya segala bentuk sihir dan racun. (HR. Abu ‘Uwanah dan Baihaqi)
            Pada hadits diatas, dapat dilihat bahwa Nabi Muhammad SAW sendiri merekomendasikan buah kurma sebagai buah yang memiliki banyak manfaat apabila kita konsumsi.
            Kurma (Phoenix Dactylifera) adalah tanaman palma dalam genus Phoenix, kurma adalah buah yang sudah tidak asing lagi namanya di Indonesia, terutama saat pada bulan Ramadhan, buah ini sangat laku dijual dipasaran, karena manfaatnya yang banyak terutama kandungannya dibutuhkan saat bulan-bulan berpuasa maka pada bulan Ramadhan, banyak orang yang mengkonsumsi buah ini.
            Hal ini mengingatkan sabda Nabi shalallahu’alaihi wa sallam:

ذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ ، فَإِنْ لَمْ يَجِدْ تَمْراً فَالْمَاءُ فَإِنَّهُ طَهُوْرٌ

Jika salah seorang diantara kalian berbuka puasa maka makanlah buah kurma karena ia mengandung keberkahan dan jika tidak mendapatkan kurma maka dengan air putih karena ia adalah simbol kebersihan”. (H.R Abu Dawud).
Kurma kaya akan kandungan vitamin, serat, mineral, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semua kandungan tersebut dibutuhkan oleh tubuh, sehingga manfaat buah kurma ini sudah tidak diragukan lagi. Bahkan pada suatu penelitian mengatakan buah kurma ini pun sangat bagus untuk diet yang sehat, oleh karena itu mengonsumsi buah kurma rutin akan membuat tubuh kita terjaga kebugarannya. Beberapa manfaat yang dimiliki kurma antara lain :
1. Menjaga kekuatan tulang
Kandungan tinggi mineral pada buah kurma, sangat penting untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit osteoporosis. Kandungan selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, semua kandungan tersebut berperan penting dalam proses pertumbuhan dan kekuatan tulang, utamanya bagi orang-orang yang mulai menua dan tulang mereka mulai rapuh dan melemah.
2. Kurma memberi rasa kenyang
Pada Kurma, didalamnya terkandung vitamin yang sangat mencukupi untuk tubuh, selain itu juga terkandung banyak serat, sangat bermanfaat untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama, yang sangat baik untuk menekan nafsu makan kita, untuk menghindari berlebihan dalam makan. Setiap biji kurma yang dikonsumsi bermanfaat untuk menurunkan berat badan (jika mengalami obesitas). Mengenai hal ini, teringat sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam:

لاَ يَجُوْعُ أَهْلُ بَيْتٍ عِنْدَهُمْ التَّمْرُ

Tidak akan kelaparan rumah tangga seseorang yang memiliki kurma di dalamnya”. ( H.R Muslim).
3. Kurma bermanfaat untuk mengatasi sembelit
Buah kurma berkhasiat dalam mengatasi pencernaan yang sedang bermasalah, hal itu karena kandungan serat yang ada di dalamnya sangat tinggi. Sehingga, dengan rutin makan kurma mampu menjaga kesehatan dan melancarkan proses sistem pencernaan tubuh.
4. Menjaga kesehatan jantung
Kurma yang kaya akan sumber potassium, dari penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa kandungan potassium tersebut bermanfaat untuk mengurangi risiko seseorang terkena stroke, serta untuk mengurangi tingkat kolesterol LDL di dalam tubuh. kolesterol jahat (LDL) adalah penyebab penyakit jantung.

5. Membantu untuk menguraikan lemak
Pada kurma terkandung zat kalium dan sulfur yang memiliki manfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung, serta bermanfaat untuk memecahkan lemak yang ada di dalam tubuh. Kolesterol dan lemak menjadi momok dan penyebab utama dari terjadinya kegemukan pada seseorang.
6. Meningkatkan energi pada tubuh
Buah kurma memiliki kandungan gula alami yang cukup tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, yang walaupun kandungannya tinggi , akan tetap aman karena bersifat alami. Banyak orang di dunia ini yang mengkonsumsi buah kurma sebagai cemilan ketika mereka merasa ngantuk dan letih, sehingga manfaatnya sangat besar dalam menunjang produktifitas kegiatan sehari-hari.
7. Mengatasi anemia
Kandungan tinggi mineral di dalam kurma memiliki manfaat yang penting. Seperti zat besi yang asupannya sangat ditubuhkan oleh penderita anemia, sehingga secara perlahan penderita akan mampu meningkatkan energi dan tenaganya, serta mencegah tubuh kembali mudah lelah dan lesu.
8. Kesehatan sistem syaraf
Kandungan vitamin di dalam kurma bermanfaat untuk menjaga fungsi sistem syaraf. Adapun kandungan potassium mempromosikan sistem syaraf yang sehat dan responsif, sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir dengan baik. Sehingga, kurma menjadi sumber makanan yang baik bagi orang-orang yang mulai menua, yang umumnya daya sistem syaraf (termasuk daya ingat dan daya pikir) mereka mulai menurun.

Sumber :

http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2015/04/7-manfaat-buah-kurma-untuk-membantu-menurunkan-berat-badan.html

Komentar

Postingan Populer