Assalamualaikum… Sahabat-sahabat ku yang dirahmati Allah, shalat 5 waktu merupakan ibadah yang hukumnya wajib bagi umat muslim. Setiap waktu shalat ditandai dengan berkumandangnya suara adzan yang merdu nan indah. Walaupun kita sudah mendengar suara adzan tersebut, terkadang kita masih enggan untuk langsung bergegas menunaikan ibadah shalat. Padahal tahukah sahabat seperti apa keutamaan shalat tepat waktu itu? nah izinkan kami memberitahu kalian. Berikut merupakan beberapa keutamaan shalat tepat waktu.

  1. Allah SWT mencintai orang yang shalat tepat waktu          Sebagaimana hadist yang berbunyi : “ Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah shalat pada waktunya, berbakti kepada kedua orangtua, dan jihad dijalan Allah.” (HR. Bukhari & Muslim). Kebayang dong seperti apa dicintai oleh Allah SWT? Dicintai oleh si doi ga seberapa… ini dicintai sama yang punya langit dan bumi… 
  2. Bergugurnya dosa-dosa            
    Sebagaimana hadist yang berbunyi : “ Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan shalat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya. “ (HR. Ahmad). Setiap harinya saja pasti kita berbuat dosa, betapa baiknya Allah mengampuni dosa-dosa yang telah kita perbuat. 
  3. Pahala kebaikan yang amat besar Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “…Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan barisan (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala shalat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak.” (HR. Bukhari). Di ibaratkannya dengan jalan merangkak, berarti betapa banyak keuntungan dan pahala yang inshaAllah kita dapat dengan melaksanakan shalat tepat waktu. 
  4. Allah menjanjikan surga Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib’iy mengabarkan kepadanya bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Allah Ta’ala berfirman: " ‘Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu shalat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan". Sampai dijanjikan surga oleh Allah… Siapa sih yang gak mau tinggal di surganya Allah kelak?                      Seperti itulah sekiranya beberapa keutamaan shalat tepat waktu sahabat… semoga dengan mengetahui hal tersebut dapat menambah motivasi agar segera bergegas melaksanakan shalat tepat waktu setelah adzan berkumandang. Dan semoga Allah memudahkan kita untuk selalu shalat tepat di awal waktunya. Insha Allah ( Sumber : http://www.ummi-online.com/keutamaan-shalat-tepat-waktu-yang-perlu-diketahui.html

Komentar

Postingan Populer