KEBERKAHAN SHAUM ARAFAH

Keberkahan Shaum Arafah


Shaum arafah memiliki makna yang sangat penting dalam kalender islam. Hal tersebur diamati pada hari ke -9 bulan Islam yaitu Dzulhijjah, sehari sebelum Haji. Muslim di seluruh dunia melakukan puasa dan memperbanyak ibadah untuk mencari berkah dan ridha Allah SWT di hari yang mulia ini. Beranjak pada kisah puasa Arafah dimana terdapat peristiwa sejarah yang terjadi di dataran Arafah selama Haji Wada Nabi Muhammad SAW. Pada hari inilah khutbah terakhir Nabi yang dikenal dengan Khutbatul Wada disampaikan oleh Nabi SAW, yang merangkum ajaran islam yang hakiki dan menekankan pentingnya persatuan, keadilan, dan persaudaraan. 

Mengamati berkah dari puasa arafah yakni membawa pahala dan berkah yang luar biasa bagi umat islam. Diriwayatkan bahwa puasa pada hari ini akan menghapus dosa tahun sebelumnya dan tahun yang akan datang. Ibadah ini menunjukkan pengabdian dan ketaatan kepada Allah dan berfungsi sebagai sarana mencapai pengampunan dari Allah SWT. Selain itu, puasa Arafah diyakini memiliki kekuatan untuk menyelamatkan seseorang dari api neraka. Pintu rahmat Allah terbuka lebar pada hari ini, dan segala permohonan sangat mungkin diterima. Hari ini merupakan kesempatan bagi orang beriman untuk memohon ampunan, berkah, dan petunjuk Allah SWT. 

Esensi shaum arafah selain dari puasa, terdapat beberapa ibadah untuk memaksimalkan hari penuh berkah in, seperti melaksanakan shalat sunnah, membaca Al-Quran, perbanyak dzikir dan permohonan dimana hari ini merupakan waktu yang tepat untuk mencari dan memohon ampunan kepada Allah, dan meluangkan waktu untuk merenungkan peristiwa sejarah Khutbah Perpisahan dan ajarannya yang mendalam dapat menjadi sumber inspirasi dan bimbingan untuk pengembangan pribadi menjadi lebih baik lagi. 


Komentar

Postingan Populer