Habis Ramadhan, Terbitlah Syawwal



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Halo sobat, kembali lagi bersama admin di hari yang insyaAllah diberkahi ini. Sebelumnya, karena admin belum sempat minta maaf kepada sobat pembaca di hari lebaran kemaren, admin mengucapkan minal aidzin wal faidzin..mohon maaf lahir dan batin ya.. semoga kita sama-sama diberi ampunan dan berkah oleh Allah Subhanallahu wa ta’ala.. Aamiin Aamin ya Rabbal ‘alamin..
“Habis Ramadhan, Terbitlah Syawwal”
Yuhuu.. sobat.. admin cuma mau mengingatkan nih. Setelah puasa wajib bulan Ramadhan, masih ada lho amalan puasa sunnah yang sayang banget kalau dilewatkan, yaitu puasa Syawal selama satu minggu. Apasih puasa Syawal itu? Yuk, kita bahas !
 “Aduuh.. niatnya kan mau perbaikan gizi setelah puasa Ramadhan..kok ini ada puasa lagi sih..”
Eittss..jangan menggerutu dulu dong. Belum tau kan manfaat dari puasa Syawwal ini? Nih, admin kasih tau..
Dari Abu Ayyub al-Anshari radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Barangsiapa yang berpuasa (di bulan) Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan (puasa sunnah) enam hari di bulan Syawwal, maka (dia akan mendapatkan pahala) seperti puasa setahun penuh.” HR Muslim (no. 1164). 
Mutiara hikmah yang dapat kita petik dari hadits ini:
1.      Pahala perbuatan baik akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali, karena puasa Ramadhan ditambah puasa enam hari di bulan Syawwal menjadi tiga puluh enam hari, pahalanya dilipatgandakan sepuluh kali menjadi tiga ratus enam puluh hari, yaitu sama dengan satu tahun penuh (tahun Hijriyah).
2.      Keutamaan ini adalah bagi orang yang telah menyempurnakan puasa Ramadhan sebulan penuh dan telah mengqadha/membayar (utang puasa Ramadhan) jika ada, berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas: “Barangsiapa yang (telah) berpuasa (di bulan) Ramadhan…”, maka bagi yang mempunyai utang puasa Ramadhan diharuskan menunaikan/membayar utang puasanya dulu, kemudian baru berpuasa Syawwal. (Meskipun demikian, barangsiapa yang berpuasa Syawwal sebelum membayar utang puasa Ramadhan, maka puasanya sah, tinggal kewajibannya membayar utang puasa Ramadhan).
3.      Lebih utama jika puasa enam hari ini dilakukan berturut-turut, karena termasuk bersegera dalam kebaikan, meskipun dibolehkan tidak berturut-turut.
4.      Lebih utama jika puasa ini dilakukan segera setelah hari raya Idhul Fitri, karena termasuk bersegera dalam kebaikan, menunjukkan kecintaan kepada ibadah puasa serta tidak bosan mengerjakannya, dan supaya nantinya tidak timbul halangan untuk mengerjakannya jika ditunda.
5.      Ibadah-ibadah sunnah merupakan penyempurna kekurangan ibadah-ibadah yang wajib, sebagaimana ditunjukkan dalam hadits-hadits yang shahih. Tanda diterimanya suatu amal ibadah oleh Allah, adalah dengan giat melakukan amal ibadah lain setelahnya (dikutip dari muslim.or.id).
Nah, itulah keutamaan dari puasa Syawwal sobat. Selain itu, dalam kesehatan, puasa Syawwal ini juga ada manfaatnya lho. Setelah kita berpuasa Ramadhan penuh 1 bulan.. pasti perut kita juga harus menyesuaikan diri untuk mencerna makanan. Maka dari itu, setelah puasa Ramadhan kita dianjurkan untuk makan makanan yang tidak terlalu keras dulu dan dalam jumlah lebih sedikit dari hari-hari biasanya dan yang paling mantap nih, karena banyak pahalanya (wkwkwk) adalah puasa Syawwal. Dengan berpuasa 6 hari di bulan Syawwal, kita sudah bisa membantu perut kita beradaptasi dengan makanan lho sobat. Jadi, jangan risau, jangan galau kalau mau melaksanakan ibadah sunnah ini ya sobat..hihihi..
Sekian yang dapat admin sampaikan. Kurang dan salahnya dari kami, dan benarnya selalu datang dari Allah SWT.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Komentar

Postingan Populer