Batal gak sih puasanya?


Assalamu’alaikum sahabat sholihah semua
Kali ini kita akan membahas terkait fiqh islam tentang hal yang menurut orang itu dapat membatalkan puasa padahal nggak loh.. simak baik-baik ya..
Pertama, kalian menurut kalian menelan ludah itu membatalkan puasa gk ya? Menelan ludah dapat membatalkan puasa tapi ini belum pasti loh, liat dulu nih ludah seperti apa yang kita telan. Imam An-Nawawi mengatakan dalam kitab al-Majmu’ (hal. 341) ada tiga syarat yang membuat menelan ludah itu tidak membatalkan puasa. Apa aja yaa…..
1.      Air ludah tersebut masih murni dan belum tercampur dengan zat lain.
2.      Air ludah tersebut masih berada di dalam rongga mulut.
3.      Air ludah yang ditelan tersebut terjadi  secara alami atau kebiasaan.
Kalo ludah kalian bercampur dengan es teh mah sudah pasti batal ya, hehe
Kedua, ternyata menjilat bibir itu tidak membatalkan puasa loh, asal ludah yang sudah menempel dibibir tidak masuk kemulut
Ketiga, kalo puasa boleh keramas gk ya? Dalam hadis dari Abu Bakar bin ‘Abdurrahman, dari seorang sahabat Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassalam, ia berkata: 
Artinya: “Sungguh aku telah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di Al 'Arj menuangkan air ke kepalanya karena haus atau panas, sementara beliau sedang berpuasa”.
(Hadis riwayat Imam Abu Daud dalam kitab Sunan Abi Daud, hadis ke 2367).
Dalam hadist diatas menjelaskan bahwa mandi keramas tidak membatalkan puasa ya.
Keempat, kalo kentut dalam air dapat membatalkan puasa nih. Waaahhh.. benar nggak ya??? Ulama madzhab Hanafiyah berpendapat bahwa kentut di dalam air nggak membatalkan puasa, akan tetapi makruh. Pendapat tersebut dapat dilihat di dalam kitab Al-Fatawa al-Hindiyyah fi Madzhab al Imam al-A’dzam Abi Hanifah an-Nu’man, (hal. 220). Berdasarkan perbedaan pendapat di atas maka untuk lebih hati-hati sebaiknya kita nggak melakukan kentut di dalam air pada saat sedang berpuasa.
Kelima, Jika ada orang yang sedang berpuasa kemudian marah maka secara hukum Islam puasanya tetap sah, akan tetapi jika marah tersebut disebabkan hawa nafsu syaitan maka dapat mengurangi nilai pahala puasa. Rasulullah di dalam hadisnya memerintahkan agar kita menghindari sikap marah pada saat berpuasa.
Artinya: “Dari Abu Hurairah Radliallahu 'anhu; Bahwa Rasulullah saw bersabda: "Puasa itu benteng, maka (orang yang melaksanakannya) janganlah berbuat kotor (rafats) dan jangan pula berbuat bodoh. Apabila ada orang yang mengajaknya berkelahi atau menghinanya maka katakanlah aku sedang shaum (ia mengulang ucapannya dua kali).” (Hadis riwayat Imam al-Bukhari di dalam kitab Shahih al-Bukhari, hadis ke 1894)

Keenam, kalo kita gosipin orang dapat membatalkan puasa gk ya? Imam al-Ghazali di dalam kitab Ihya’ Ulumiddiin (Juz.1, hal.235) mengatakan bahwa salah satu syarat batin yang harus dipenuhi oleh orang berpuasa adalah menjaga lisannya dari perkataan yang nggak berguna, berbohong, ghibah (gosip), ucapan kotor, permusuhan, dan sebagainya. Seharusnya lisan orang yang berpuasa memperbanyak berdzikir dan membaca Al-Qur’an agar ibadah puasanya nggak sia-sia. Jadi lebih baik jangan bergosip ya teman teman.
Ketujuh, menangis bisa membatalkan puasa????? Jika orang yang sedang berpuasa kemudian menangis disebabkan karena pertengkaran ataupun permusuhan sehingga dia nggak dapat mengendalikan dirinya maka jelas hal ini akan mengurangi atau bahkan menghilangkan pahala ibadah puasanya.  Lain halnya jika dia menangis disebabkan karena teringat dosa-dosanya atau disebabkan membaca ayat Al-quran yang menceritakan tentang siksaan Allah maka tangisan ini nggak menghilangkan pahala ibadah puasa sama sekali, malah justru akan dapat menambah pahala karena adanya kebaikan di dalamnya.
Kedelapan, kalo puasa trus kita ngeluh laper itu tidak membatalkan puasa loh hanya saja dapat mengurangi pahala puasa, karena menandakan kuran gikhlas hehe. Artinya: “Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu".  (Hadis riwayat Imam Al-Bukhari dalam kitab Shahih al-Bukhari, hadis ke-38)

            

Komentar

Postingan Populer