Kesehatan Dalam Islam

KESEHATAN DALAM ISLAM









Islam adalah agama Rahmatan Lil ‘Alamiin. Islam telah menetapkan aturan-aturan, cara, panduan dan banyak hal yang ditujukan bagi seluruh ummat Manusia demi kebaikan dan kemaslahatan. Sehat adalah kondisi fisik yang prima baik struktural maupun fungsional tanpa ada penyakit dan kecacatan. Kesehatan adalah anugerah yang terindah dan sangat luarbiasa dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sehat menurut batasan World Health Organization adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Kesehatan dalam ajaran Islam selalu menekankan agar setiap orang memakan makanan yang baik dan halal sebagaimana Firman Allah yang artinya : “Wahai sekalian manusia, makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi. Wahai orang-orang yang beriman, makanlah dari apa yang baik-baik yang Kami rezekikan kepadamu.”

Nabi saw. bersabda, “Ada dua anugerah yang karenanya banyak manusia tertipu, yaitu kesehatan yang baik dan waktu luang.” (HR. Bukhari)

Nabi Saw. pun pernah menjawab pertanyaan sahabat, “Sesungguhnya Rasul mencintai kesehatan sama seperti engkau juga menyenanginya.”

Diriwayatkan oleh  at-Tirmidzi bahwa Rasulullah saw bersabda: ‘Barangsiapa bangun di pagi hari dengan badan schat dan jiwa sehat pula, dan rezekinya dijamin, maka dia seperti orang yang memiliki dunia seluruhnya.”

Tips Menjaga Kesehatan secara Islami

1.      Olahraga

Olahraga adalah salahsatu cara pemeliharaan tubuh dengan penyenangan. Dengan olahraga, tubuh menjadi memiliki aktifitas yang membuatnya tidak kaku. Menggerakan anggota tubuh juga dapat melatih otot-otot dan badan agar lebih kuat.

Dalam pandangan ulama fiqh, olahraga (Bahasa Arab: al-Riyadhat) termasuk bidang ijtihadiyat. Secara umum hukum melakukannya adalah mubah, bahkan bisa bernilai ibadah, jika diniati ibadah atau agar mampu melakukannya melakukan ibadah dengan sempurna dan pelaksanaannyatidakbertentangan dengan norma Islami.

Nash al-Quran yang dijadikan sebagai pedoman perlunya berolahraga, dalam konteks perintah jihad agar mempersiapkan kekuatan untuk menghadapi kemungkinan serangan musuh, yaitu ayat:

“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu najkahkanpadajalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan). (QS.Al-Anfal :60).


2.      Makan dan Minum

Dalam mengonsumsi makanan, hendaknya manusia tidak berlebihan. Makanlah secukupnya. Karena pada prinsipnya makan itu ialah proses pemenuhan kebutuhan tubuh. Dengan melihat indikator gizi dan kandungan makanan. Jelas harus Halal dan Thayyib.Al-Quran berpesan agar manusia memperhatikan yang dimakannya, seperti ditegaskan dalam ayat: “Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya”.(QS. ‘Abasa 80 : 24 )

Ada yang meriwayatkan bahwasanya perut kita dibagi menjadi tiga bagian, pertama bagian perut untuk makanan, kedua bagian perut untuk udara, ketiga bagian perut untuk air. Dengan menyeimbangkan tiga unsur itu di dalam perut maka kita akan menemukan kesehatan. Dalam 27 kali pembicaraan tentang perintah makan, al-Quran selalu menekankan dua sifat, yang halal dan thayyib, di antaranya dalam (Q.S. Al-Baqarah: 168, Al-Maidah: 3 dan lainnya)
3.        Bangun Sebelum Subuh
Bangun sebelum subuh diniatkan untuk beribadah dan mengawali hari dengan basmalah. Diniatkan untuk bisa mengikuti shalat subuh berjamaah bahakn shalat sunnah di sepertiga malam terakhir. Gerakan shalat bahkan bermanfaat, layaknya aktifitas fisik rutin agar tidak kaku dan lemah. Salat pada saat subuh layaknya berolah raga kecil di pagi hari. Udara subuh sangat membuat badan lebih segar dan siap menjalani hari. Aktifitas pun takkan kesiangan. Jangan tidur lagi setelah Subuh yaa... 
4.      Menjaga Kebersihan

Agama Islam sangat mengajarkan kebersihan. Sebelum shalat harus suci dari hadast dan najis. Baik itu melalui wudhu, basuhan, tayammum hingga mandi wajib. Semuanya telah diatur dengan tatacara yang bermanfaat bagi ummat.

Pada hari Jumat nabi Muhammad Saw selalu rutin memotong kuku, mencuci rambut-rambut halus yang berada di pipi, bersiwak, serta memakai parfum. Setiap hari nabi Muhammad Saw juga selalu menggunakan harum-haruman dan tampil bersih dan rapi. Seperti yang sudah disebutkan di paragraf pembuka bahwasanya bagi umat islam kebersihan merupakan sebagian dari iman. Dalil mengenai kebersihan terdapat dalam QS. Al Maidah : ??, dan hadits nabi Muhammad Saw. : “Kebersihan itu Sebagian dari Iman”.

Imam al-Suyuthi, ‘Abd al-Hamid al-Qudhat, dan ulama yang lain menyatakan, dalam Islam menjaga kesucian dan kebersihan termasuk bagian ibadah sebagai bentuk qurbat, bagian dari ta’abbudi, merupakan kewajiban, sebagai kunci ibadah, Nabi bersabda: “Dari ‘Ali ra., dari Nabi saw, beliau berkata: “Kunci shalat adalah bersuci” (HR Ibnu Majah, al-Turmudzi, Ahmad, dan al-Darimi)

5.      Menahan Amarah, Tebar Senyuman
Menahan amarah adalah salah satu cara aplikatif dari Sabar. Barangsiapa yang bersabar, tentu Allah akan mencintainya. Dengan menahan amarah juga bisa mencegah penyakit degeneratif yang banyak dijumpai sekarang seperti Serangan Jantung, Hipertensi hingga Stroke. Cara yang tepat untuk mengatasi rasa marah pernah diajarkan Rasulullah Saw., yaitu dengan mengubah posisi tubuh kita ketika sedang marah. Ketika Anda sedang marah pada posisi berdiri cobalah untuk duduk, kemudian jika Anda marah dalam posisi duduk cobalan untuk berbaring. Marah itu berasal dari setan dan setan terbuat dari api jadi Anda bisa mengambil wudhu kemudian solat sunah atau wajib untuk menenangkan diri.
PENUTUP
Sekian yang dapat disampaikan mengenai Kesehatan dan Tips-Tips dikorelasikan dengan Keislaman. Mohon maaf apabila banyak kekurangan.
p.s. : Sumber disarikan dari berbagai sumber. Mohon maaf bila merasa ada kesamaan tema dan penulisan, Penulis hanya mencoba membuat artikel yang sesuai dan dipahami penulis. Kami menerima masukan, saran dan izin. Silakan berkomentar.

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿

#SyiarLuarBiasa
#SemangatMenebarKebaikan
#KomDaFKIK
#RohisnyaFKIK
#KitaAdalahSaudara
#LDKSyahid
__________________________

Media sosial komda Fkik

📧Email           komdafkik.uinjkt@gmail.com
📷Instagram  ldkkomdafkik
🐦Twitter     @KomdaFKIK
👥Facebook  komda.fkik@yahoo.com
🐻Line            http://line.me/ti/p/%40bwt7575e

🌎Blog           Fkikkomda.blogspot.co.id

Komentar

Postingan Populer